Kamis, 03 Oktober 2013

Tips Belajar Gitar

  1. Lakukan pemanasan tubuh (jari) dengan gerakan-gerakan peregangan. Sebagai contoh, waktu Anda bangun dari tidur Anda, langsung lah berjalan dengan cepat. Hal ini akan memenuhi tubuh Anda dengan energy, sementara itu coba bangunkan pikiran Anda, maka Anda akan lebih waspada secara mental.
  2. Coba cari tujuan yang jelas saat Anda berlatih di setiap sesi nya. Ini akan memacu motivasi dan pemusatan pikiran kearah kemajuan yang lebih baik.
  3. Waktu pertama mengambil gitar Anda, ingatkan diri Anda bagaimana rasanya memainkan gitar Anda tersebut, coba jiwai gitar Anda, kapan perlu ajak lah dia berkomunikasi dengan memainkan not-not yang panjang dan lama, maka Anda akan merasakan mau nya gitar Anda dan mau nya jari Anda. Intinya cobalah menyatu dengan gitar Anda.
  4. Pilihlah suatu seksi untuk Anda fokuskan. Bisa saja dua bar atau dua jalur saja dulu. Namun pastikan cukup kecil untuk Anda fokuskan latihan Anda. Intinya focus pada satu atau dua bar saja di mana Anda merasa paling sulit memainkan (Sebuah lagu). Jadi Anda tidak akan kewalahan.
  5. Gambarkan di dalam kepala Anda apa yang akan Anda mainkan, beri cahaya yang terang, beri warna yang jelas dan dengarkan bunyi nada per nada. Semakin nyata nada yang Anda bayangkan tadi maka akan semakin mudah bagi Anda berlatih.
  6. Mainkan dengan perasaan terdalam Anda, walaupun tempo nya tidak atau belum sesuai dengan yang Anda harapkan. Berikan penjiwaan yang cukup waktu Anda memainkan materi latihan Anda.
  7. Setelah semua hal di atas Anda lakukan coba lah amati dan putuskan apakah yang baru saja Anda mainkan ini sudah mencapai sasaran yang Anda mau?
  8. Berhentilah sejenak dan biarkan tubuh dan pikiran Anda mencerna apa yang baru saja Anda latih.
  9. Putuskan apakah ada hal yang harus Anda ubah dalam sesi latihan kali ini, misalnya haruskah Saya turunkan tempo nya sedikit?, atau haruskah Saya ubah bagaimana penempatan jari yang lebih enak agar pergerakan jari menjadi lebih nyaman dan lebih lancar?, bagaimana cara nya agar di latihan berikutnya Saya bias lebih lancer memindah kan satu lick ke lick lainnya?. Bila hal ini Anda lakukan maka akan sedikit mengurangi pikiran frustasi Anda dalam berlatih.
  10. Ini yang paling penting menurut Saya: setidaknya dalam 10 sampai 15 menit, tegantung daya tahan Anda masing-masing dan factor-faktor yang lain, Anda butuh istirahat untuk me-refresh otak Anda. Contohnya coba berjalan pelan keluar ruangan diman Anda berlatih tadi nya, akan membuat produktifitas otak Anda tetap di level yang stabil. Jangan terlalu di paksakan karena sesuatu yang terlalu di paksakan akan membawa hasil yang tidak maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar